Air Susu Ibu ( ASI )


Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Artikel berikut merupakan 1 lagi bukti nyata tentang kebenaran Al Qur’an sebagai firman Allah SWT, karena berisi banyak informasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dan baru dapat diketahui ( dibuktikan ) oleh para ilmuwan pada zaman modern saja.

Selain itu, artikel ini juga merupakan jawaban atas banyaknya fitnah kejam yang beredar dari berbagai pihak baik fitnah kepada Islam maupun kepada pribadi Rasulullah SAAW. Beberapa fitnah kejam tersebut antara lain menyatakan bahwa semua ayat dalam Al Qur’an merupakan ayat Syaithon dan Rasulullah SAAW adalah seorang penipu, yang menyatakan diri sebagai Nabi hanya untuk memperoleh kedudukan ( kekuasaan ).

Fitnah-fitnah tersebut sangat berbahaya karena dapat menggoyahkan keimanan seorang muslim jika kita tidak mengetahui kebenaran yang nyata yang telah sangat jelas terdapat di dalam Al Qur’an.

Untuk itu, artikel ini menyajikan satu lagi bukti kedahsyatan Al Qur’an sebagai firman Allah SWT ( karena berisi informasi penting bagi kehidupan ) dan bukti bahwa Al Qur’an adalah bukan ayat Syaithon. Dan karena diturunkan kepada Rasulullah SAAW, maka hal ini membuktikan bahwa Rasulullah SAAW bukanlah seorang penipu namun benar-benar merupakan Utusan Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

====================================================================

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” ( QS. Luqman ( 31 ) : 14 )

Air Susu Ibu

Air susu ibu adalah suatu campuran ciptaan Allah yang luar biasa dan tak tertandingi sebagai sumber makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir, dan sebagai zat yang meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap penyakit. Bahkan makanan bayi yang dibuat dengan teknologi masa kini tak mampu menggantikan sumber makanan yang menakjubkan ini.

Setiap hari ditemukan satu manfaat baru air susu ibu bagi bayi. Salah satu fakta yang ditemukan ilmu pengetahuan tentang air susu ibu adalah bahwa menyusui bayi selama dua tahun setelah kelahiran sungguh amat bermanfaat. (Rex D. Russell, Design in Infant Nutrition, http://www.icr.org/pubs/imp-259.htm)

Berikut adalah beberapa informasi tentang betapa pentingnya ASI berdasarkan hasil penelitian IPTEK Modern yang dikutip dari beberapa sumber :

Air susu ibu atau ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolactin dan oxytocin setelah kelahiran bayi. ASI pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

Bila ibu tidak dapat menyusui anaknya, harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau susu formula khusus. Susu sapi tidak cocok untuk bayi sampai berusia 1 tahun.

Referensi
http://www.drpaul.com/breastfeeding/colostrum.html

Infant nutrition information from Seattle’s Children’s Hospital and Regional Medical Center.

Comparison of Human Milk and Formula

La Leche League Human Milk Storage Information

Sumber : http://www.id.wikipedia.org/wiki/Air_susu_ibu

Definisi dan Rekomendasi
ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol sampai enam bulan[1]. Bahkan air putih tidak diberikan dalam tahap ASI eksklusif ini.

Pada tahun 2001 World Health Organization / Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ASI eksklusif selama enam bulan pertama hidup bayi adalah yang terbaik[2]. Dengan demikian, ketentuan sebelumnya ( bahwa ASI eksklusif itu cukup empat bulan ) sudah tidak berlaku lagi.

Bagaimana Mencapai ASI eksklusif
WHO dan UNICEF merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk memulai dan mencapai ASI eksklusif[2]

Menyusui dalam satu jam setelah kelahiran
Menyusui secara ekslusif : hanya ASI. Artinya, tidak ditambah makanan atau minuman lain, bahkan air putih sekalipun.
Menyusui kapanpun bayi meminta (on-demand), sesering yang bayi mau, siang dan malam.
Tidak menggunakan botol susu maupun empeng.
Mengeluarkan ASI dengan memompa atau memerah dengan tangan, disaat tidak bersama anak.
Mengendalikan emosi dan pikiran agar tenang.
Kesalahpahaman Mengenai ASI eksklusif
Setelah ASI ekslusif enam bulan tersebut, bukan berarti pemberian ASI dihentikan. Seiiring dengan pengenalan makanan kepada bayi, pemberian ASI tetap dilakukan, sebaiknya menyusui dua tahun menurut rekomendasi WHO[2].

Manfaat ASI Eksklusif Enam Bulan
Berikut adalah manfaat ASI Ekslusif enam bulan daripada hanya empat bulan.

Untuk Bayi
Melindungi dari infeksi gastrointestinal
Bayi yang ASI ekslusif selama enam bulan tingkat pertumbuhannya sama dengan yang ASI eksklusif hanya empat bulan.
ASI eksklusif enam bulan ternyata tidak menyebabkan kekurangan zat besi

Untuk Ibu
Menambah panjang kembalinya kesuburan pasca melahirkan, sehingga
Memberi jarak antar anak yang lebih panjang alias menunda kehamilan berikutnya
Karena kembalinya menstruasi tertunda, ibu menyusui tidak membutuhkan zat besi sebanyak ketika mengalami menstruasi
Ibu lebih cepat langsing. Penelitian membuktikan bahwa ibu menyusui enam bulan lebih langsing setengah kg dibanding ibu yang menyusui empat bulan.

Apabila Tidak Ada ASI
Apabila karena beberapa hal ASI tidak dapat diberikan, gantikan dengan susu formula secara eksklusif hingga enam bulan. Kemudian lanjutkan bersama dengan MPASI sampai dengan umur setahun. Setelah setahun susu formula tidak perlu, dan bisa diganti dengan susu sapi.

Apabila masih ingin mencoba menyusui dengan ASI, bacalah lebih lanjut mengenai relaktasi dan coba hubungi Konsultasi ASI terdekat.

Referensi
Depkes RI. Ibu Berikan ASI Eksklusif Baru Dua Persen. Jakarta. 2004
2,0 2,1 2,2 WHO. Exclusive Breastfeeding. 2001

Sumber : http://www.asuh.wikia.com/wiki/ASI_eksklusif

Bayangkan betapa dahsyatnya informasi yang diberikan oleh Allah SWT di dalam Al Qur’an melalui malaikat Jibril as dan Rasulullah SAAW. Namun, semua informasi Al Qur’an ini hanya dapat ditangkap oleh orang-orang yang berfikir ( menggunakan akalnya dengan benar ), sebagaimana yang dinyatakan oleh banyak ayat Al Qur’an, dua diantaranya adalah :

1. “ …. Sungguh dalam kejadian itu terdapat bukti bagi orang yang berpikir.“ ( QS. An-Nahl ( 16 ) : 11 )
2. “ …. tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.” ( QS. Ali Imran ( 3 ) : 190 )

Tentang agamadaniptek

Menegakkan Agama dan Mematahkan Fitnah kejam terhadap ISLAM dan AL QUR'AN
Pos ini dipublikasikan di Manusia, Uncategorized dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s